(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

4 Cara Mudah Memangkas Kalori Tubuh

Admin rsud | 09 April 2019 | 370 kali

Cara terbaik untuk menurunkan berat badan adalah dengan cara memangkas kalori. Bisa dengan menurunkan asupan kalori yang sudah dihitung berdasarkan kebutuhan untuk aktivitas atau dengan mulai rajin melakukan olahraga secara rutin. Dan ternyata, terdapat cara lain dalam usaha mamangkas kalori. Kebiasaan ini bahkan nyaris tanpa disadari bisa menurunkan berat badan. Nyatanya, saat Anda konsisten melakukan kebiasaan-kebiasaan ini, maka Anda pun akan merasa takjub saat melihat penurunan berat badan yang ditunjukkan dengan jarum timbangan.

Berikut beberapa di antaranya:

Melangkah lebih sering

Apakah Anda menghitung berapa langkah kaki Anda dalam sehari? Jika Anda merasa kurang melakukan aktivitas jalan setiap harinya, mulailah untuk melakukannya. Anda bisa melakukan aktivitas ini pada hal-hal yang belum pernah Anda lakukan sebelumnya, seperti melakukan aktivitas berjalan ketika sedang menerima telepon pada ponsel Anda. Atau cobalah sedikit bergerak-gerak ketika sedang mendengarkan sebuah lagu.

Gunakan piring yang kecil

Cobalah untuk menukar ukuran piring Anda saat makan. Jika sebelumnya Anda menggunakan piring berukuran sedang, mulai kini gunakan piring ukuran kecil untuk makan. Ketika Anda melakukan ini, secara tidak sadar Anda akan memangkas porsi makan sebanyak 20 hingga 25 persen setiap kali makan. Dengan menggunakan piring yang lebih kecil juga akan membuat tampilan makanan Anda terlihat lebih penuh dan membuat Anda merasa kenyang.

Hindari makan di depan TV

Menyantap makanan sambil menonton televisi adalah hal yang menyenangkan. Tapi sebaiknya Anda harus mulai meninggalkan kebiasaan ini. Penelitian dari University of Massachusetts, Amerika mengemukakan bahwa ketika Anda makan di depan televisi, maka akan menambah jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh sebanyak 288 kalori.

Menjauhlah dari kacang dan camilan

Kacang dan camilan adalah selingan makanan yang nikmat. Tapi jika Anda tidak menghitung berapa banyak yang telah dimakan, maka hal tersebut akan merusak berat badan Anda. Kacang memang memiliki kandungan lemak yang baik untuk jantung, tetapi kacang juga tinggi kalori. Anda hanya boleh untuk mencicipi kacang dan camilan dalam dua kali suapan kecil saja. Hal ini dilakukan semata-mata untuk menghilangkan rasa penasaran Anda.


Article By Rianti Fajar