(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

10 Manfaat Tauge Untuk Kesehetan Tubuh

Admin rsud | 14 Oktober 2017 | 1617 kali

Sebagian besar orang pasti sudah mengenal dan mengetahui tauge. Tauge yang juga disebut dengan toge merupakan tunas atau kecambah dari kacang hijau. Jika dikonsumsi secara langsung sebagai lalapan, tauge mempunyai rasa yang manis dengan tekstur yang renyah. Selain banyak dikonsumsi sebagai lalapan, tauge juga dapat dikonsumsi menjadi aneka masakan yang nikmat, seperti pelengkap sayuran nasi pecel, pelengkap sayuran urap, salad, tumis tauge, campuran lontong balap, tahu isi, martabak sayur dan lain sebagainya.

Selain enak dikonsumsi dalam keadaan mentah dan dapat dikonsumsi sebagai hasil olahan makanan, tauge juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Di dalam 100 gram tauge terdapat kandungan serat, vitamin A, vitamin B komplek, vitamin C, vitamin E, vitamin K, protein, mineral, enzim, antioksidan dan kandungan nutrisi lainnya.

Setelah mengetahui kandungan nutrisi yang terdapat di dalam tauge, rasanya kurang lengkap jika belum mengetahui apa saja manfaatnya. Oleh karena itu juga akan diberikan informasi mengenai beberapa manfaat tauge untuk kesehatan. Inilah beberapa manfaat tauge yang dianalisir dari situs buahan-sehat.blogspot.co.id, adapun diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Mencegah Kanker Usus Besar
    Di dalam tauge terdapat kandungan serat dan kadar air yang melimpah. Kedua kandungan nutrisi tersebut berperan untuk membersihkan kotoran di dalam usus besar dengan cara mendorong keluar kotoran. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya penumpukan racun yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker di dalam usus besar.
  2. Menjaga Kesehatan Jantung
    Penyakit jantung bisa disebabkan oleh kandungan kolesterol jahat di dalam darah sehingga menyumbat pembuluh jantung. Kandungan saponin di dalam tauge berperan untuk memerangi kolesterol jahat di dalam darah sehingga dapat menjaga kesehatan jantung.
  3. Menjaga Kesehatan Tulang
    Di dalam tauge terdapat kandungan esterogen alami yang terdiri atas sintesis estrogen tanpa efek samping. Selain itu, kandungan estrogen tersebut juga dapat meningkat kepadatan tulang, menjaga kesehatan tulang dan menguatkan tulang.
  4. Meningkatkan Kesuburan Pria
    Ada beberapa kandungan vitamin yang ditemukan di dalam tauge, salah satunya adalah vitamin E. Vitamin E yang terdapat di dalam tauge mempunyai kemampuan untuk membantu meningkatkan kesuburuan pria.
  5. Meningkatkan Sistem Imunitas
    Kandungan vitamin C dan antioksidan yang terdapat di dalam tauge berperan untuk meningkatkan sistem imunitas di dalam tubuh sehingga tubuh terbebas dari resiko gangguan penyakit.
  6. Meningkatkan Energi
    Pada saat proses pembentukannya, tauge telah menguraikan rantai olisakarida sebanyak 90% menjadi karbohidrat sederhana. Akibatnya, senyawa tersebut mudah terserap oleh tubuh tanpa menghasilkan gas dan dapat meningkatkan energi yang diperlukan oleh tubuh.
  7. Menangkal Radikal Bebas
    Kandungan zat antioksidan yang banyak di dalam tauge berperan untuk menangkal radikal bebas sehingga tubuh terhindar dari penyakit yang berbahaya seperti kanker kulit, kanker payudara, kanker prostat dan lain sebagainya.
  8. Membantu Pembentukan Otot
    Kandungan sejumlah protein yang terdapat di tauge mempunyai kemampuan untuk menambah massa otot dan membantu pembentukan otot. Oleh karena itu, tauge merupakan salah satu jenis sayuran yang biasanya dikonsumsi oleh orang yang ingin membentuk otot.
  9. Mencegah Penyakit Anemia (Kurang Darah)
    Penyakit anemia atau kurang darah terjadi akibat tubuh hanya memproduksi sel-sel darah merah dalam jumlah yang sedikit. Untuk mengatasinya, dapat dilakukan dengan mengkonsumsi tauge karena di dalamnya terdapat kandungan zat besi yang mempunyai kemampuan untuk memproduksi sel-sel darah merah.
  10. Mengatasi Stress dan Kelelahan
    Mengkonsumsi tauge berguna untuk mengatasi stress dan kelelahan. Hal ini disebabkan karena tauge mampu membantu dalam menghilangkan atau melawan indikasi tekanan mental dan fisik, sehingga dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks.

Untuk mendapat semua manfaat tauge secara maksimal, dianjurkan untuk mengolah tauge yang segar dengan cara yang baik dan benar. Dan pastikan telah memilih tauge yang masih segar dan berkualitas baik, jangan memilih tauge yang berlendir dan tidak bertekstur. Tauge berkualitas baik adalah kecambah kacang hijau yang berisi, tidak kendur, tidak berlendir, bersih dan renyah ketika disentuh.