(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Mengambil Topik CERAMAH, MENARI dan CTPS, Instalasi PKRS RSUD Buleleng Berikan Edukasi Kesehatan

Admin rsud | 05 September 2023 | 113 kali

Bertempat di selasar Ruang ICU RSUD Kabupaten Buleleng, Intalasi Penyuluh Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSUD Kabupten Buleleng memberikan edukasi kesehatan bagi penunggu pasien dan pengunjung, Selasa (05/09/23). 

Dalam edukasi kesehatan kali ini para penunggu pasien dan pengunjung diberikan edukasi tentang CERAMAH (Cek Tekanan Darah di Rumah), MENARI (Meraba Nadi Sendiri) dan CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) oleh narasumber dari Instalasi PKRS RSUD Kabupaten Buleleng. 

Pada kesempatan ini, Narasumber memberikan penjelasan kepada para penunggu pasien dan pengunjung cara Cek Tekanan Darah di Rumah yakni pada saat melaksanakan cek tekanan darah diusahakan tubuh dengan posisi duduk selama 2-5 menit, tidak diperkenankan untuk meminum kopi, tidak mengkonsumsi obat sebelum pengecekan dan tidak menahan buang air kecil.  Pengecekan sebaiknya dilakukan 2-3 kali dengan jangka waktu satu menit untuk mendapatkan data variasi tekanan darah. 

Selanjutnya para penunggu pasien dan pengunjung diberikan materi tentang Meraba Nadi Sendiri. Dijelaskan oleh narasumber, Aritma atau irama jantung yang tidak teratur merupakan salah satu penyakit jantung yang cukup banyak di dunia, termasuk di Indonesia. Aritma sering tidak terdeteksi secara dini, hal ini dikarenakan pada banyak kasus aritma, gejala yang timbul sangat bervariasi, mulai dari awalnya tanpa gejala sampai secara mendadak dapat menyebabkan gejala klinis seperti berdebar, sesak, tidak sadarkan diri, stroke atau kejang. Tentu hal itu sangat menakutkan bukan, apalagi jika terjadi pada sobat atau sanak saudara. 

Namun ternyata aritma dapat kita deteksi sendiri. Tindakan deteksi secara dini dan mandiri ini oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesiadipromosikan dengan sebutan "MENARI", yang merupakan singkatan dari Meraba Nadi Sendiri. Denyut Nadi dapat diraba didaerah pembuluh nadi yang berdekatan dengan tulang, seperti di leher bawah siku, dekat pergelangan tangan, paha dan kaki. Denyut nadi yang teraba dengan jari kita setara dengan ukuran denyut jantung. 

Dalam hal ini disampaikan cara melakukan tindakan MENARI : Genggam pergelangan tangan, Rabalah dengan jari telunjuk tengah dan manis tonjolan tulang di bagian bawah pangkal ibu jari, Rasakan denyutan dan hitung dalam 30 detik. Jika denyutan yang dirasakan tidak teratur atau jumlah denyutan diatas 50 atau dibawah 30, waspadai gangguan irama jantung. Apabila menemukan denyutan yng dirasakan tidak teratur, segeralah melakukan konsultasi ke dokter umum difasilitas kesehatan terdekat atau ke dokter spesialis jantung. MENARI sangatlah mudah dilakukan, kapanpun dan dimana pun, mencegah lebih baik daripada mengobati.

Selain hal tersebut diatas, narasumber juga memberikan penjelasan tentang CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun). Dalam hal ini disampaikan 6 (enam) langkah cuci tangan oleh narasumber. Di RSUD Kabupaten Buleleng juga sudah menyediakan fasilitas tempat menyuci tangan dan handrub bagi para penunggu maupun pengunjung pasien yang nantinya bisa digunakan saat sebelum masuk ke areal Rumah Sakit dan setelah berkunjung. 

Kegiatan edukasi kesehatan ini akan terus rutin dilakukan guna memberikan edukasi bagi pasien, penunggu pasien maupun pengunjung yang ada di RSUD Kabupaten Buleleng.