(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Edukasi Kesehatan Kepada Bagian SDM Bagian PI dan RM RSUD Buleleng

Admin rsud | 10 Mei 2023 | 37 kali

Guna meningkatkan pengetahuan dan merubah perilaku dari pasien, penunggu pasien,  pengunjung dan SDM Rumah Sakit agar mampu menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Tim Penyuluh Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSUD Kabupaten Buleleng kembali memberikan Edukasi Kesehatan kepada SDM Rumah Sakit di Ruang Bagian Pelaporan Informasi (PI) dan Instalasi Rekam Medik (RM) RSUD Kabupaten Buleleng, Rabu (10/05/23). 

Pada kegiatan edukasi ini di isi oleh 2 narasumber, yakni dari Komite K3RS, Nyoman Suparman Ari Santosa, A.Md.KL dan dari Instalasi Rehabilitasi Medik, Febriana Dewi, STR.Kes. 

Sebelum penyuluhan diberikan, Tim PKRS RSUD Kabupaten Buleleng memberikan soal preetest kepada para Pegawai di Ruang PI dan RM RSUD Kabupaten Buleleng. Selanjutnya Narasumber dari Instalasi Rehabilitasi Medik memberikan materi edukasi tentang Ergonomi Sikap Kerja, yang mana Ergonomi merupakan suatu cabang ilmu yang sistematis untuk memanfaatkan informasi mengenai sifat manusia, kemampuan manusia dan keterbatasannya untuk merancang suatu sistem kerja yang baik agar tujuan dapat dicapai dengan efektif, aman dan nyaman. 

Dalam hal dijelaskan bahwa Ergonomi dalam bekerja adalah cepat selesai dengan resiko kecelakaan lebih kecil, efisien waktu, resiko penyakit akibat pekerjaan kecil dan lain sebagainya. Ada beberapa manfaat dari ergonomi yakni : Apabila pekerjaan meningkat kita dapat melaksanakan kecepatan, akurasi, keamanan dan pengurangan energi saat bekerja dengan mengoptimalisasikan sumberdaya manusia dengan meningkatkan keterampilan yang diperlukan serta efisiensi waktu agar tidak terbuang percuma serta kenyamanan karyawan saat pekerjaan meningkat. 

Disampaikan pula oleh narasumber Ergonomi Perkantoran yang meliputi Suhu untuk diruangan antara 23-26°, Kelembapan ruangan 40-60%, Pencahayaan dan Cara Kerja Ekonomis dengan tetap melakukan peregangan, istirahat pendek dan variasi tugas serta dijelaskan pula maslah posisi angkat dan angkut barang, posisi duduk dan posisi pada saat kita bekerja. 

Selanjutnya dari K3RS kembali menyampaikan upaya pencegahan kecelakan kerja dan penyakit akibat kerja di rumah sakit. Disini narasumber menyampaikan tujuan dalam pelaksanaan K3RS.