(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

RSUD Kab. Buleleng Siap Layani Katerisasi Jantung

Admin rsud | 05 Maret 2024 | 299 kali

Setelah selesai dibangunnya Gedung Cathlab dan telah dilakukan upacara pemlaspasan pada akhir bulan Januari lalu, RSUD Kabupaten Buleleng Bersiap memberikan pelayanan katerisasi jantung. Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) juga telah mengeluarkan ijin operasional Cathlab RSUD Kab. Buleleng.

 

Direktur RSUD Buleleng, dr Putu Arya Nugraha Sp.PD, menyatakan, sejak izin operasional terbit, RSUD Buleleng sudah bisa melakukan tindakan kateterisasi jantung. Namun untuk saat ini baru dapat melayani pasien umum. Sedangkan untuk pasien BPJS Kesehatan, masih harus menunggu MoU antara RSUD Buleleng dengan BPJS Kesehatan disepakati.

 

“Sebenarnya sudah beroperasi tetapi baru bisa untuk pasien umum. Tetapi karena kateterisasi jantung ini ditanggung BPJS, kebanyakan pasien memilih layanan yang ditanggung. Sebab untuk tindakan kateterisasi di luar BPJS juga cukup mahal sampai Rp 20 juta,” terang Arya Nugraha. Pasien yang memerlukan tindakan kateterisasi jantung rata-rata memegang BPJS Kesehatan.

 

Cathlab RSUD Buleleng secara fisik sebenarnya sudah siap sejak akhir tahun 2023 lalu. Pelayanan jantung terpadu ini bantuan dari Kementerian Kesehatan RI melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik senilai Rp 16 miliar. Selain menyiapkan sarana prasarana fisik, RSUD Buleleng juga sudah menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkompeten di bidangnya. Tenaga dokter spesialis jantung dan spesialis intervensi otak, tenaga kesehatan terampil, petugas radiasi hingga asisten dokter ahli.