(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Selain Expired Date, Ini Istilah Lain Untuk Makanan Kadaluarsa

Admin rsud | 09 April 2019 | 6128 kali

Sebelum membeli makanan kemasan, ada baiknya Anda memerhatikan masa kadaluarsa yang tertera dalam kemasan makanan. Hal ini penting untuk melihat kualitas makanan yang akan Anda konsumsi. Terdapat beberapa istilah yang biasanya tertera di kemasan makanan yang menerangkan tentang masa kadaluarsa makanan. Seperti shelf life dan expiration date.

1. Shelf life merupakan tanggal saat suatu produk yang dibungkus akan mengalami perubahan secara kimia atau fisika secara signifikan.

2. Expiration date adalah waktu ketika sebuah produk akan berubah setelah dibuka. Misalnya keripik buah, jika masih dalam bungkus yang rapat, bisa bertahan selama enam bulan (shelf life). Sedangkan jika sudah dibuka dan dimasukkan ke dalam wadah, maka bisa jadi hanya akan bertahan selama satu bulan (expiration date). Umumnya, tanggal yang tertulis pada kemasan produk adalah shelf life. Expiration date jauh lebih singkat dari shelf life. Shelf life dan expiration date ditentukan berdasarkan tiga hal, yaitu kestabilan kimia, penguapan, dan faktor manusia.

Kestabilan kimia tergantung pada jenis bahan yang dipakai. Bahan-bahan tertentu dalam suatu produk dapat berubah secara kimia sebagai fungsi waktu. Hal tersebut akan memengaruhi fungsi dan manfaat sebuah produk. Sementara penguapan adalah menguapnya cairan dalam produk akibat penutup kemasan tidak berfungsi dengan sempurna, sehingga mengakibatkan konsentrasi bahan kimia dalam produk itu mengalami perubahan.

Sedangkan yang dimaksud faktor manusia yaitu kelalaian konsumen, seperti mencampur suatu produk dengan produk lain tanpa sengaja, atau masuknya debu, bakteri ke dalam wadah yang tidak tertutup sempurna atau menyimpan makanan dengan cara yang buruk.


Article By Bebby Sekarsari