(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Mulut Kering Tak Hanya Disebabkan Kurang Minum, Ini Penyebab Lainnya

Admin rsud | 09 April 2019 | 538 kali

Masalah mulut kering kerap menimbulkan rasa tidak nyaman hingga dapat menyebabkan masalah bau mulut. Kondisi ini biasanya terjadi jika produksi air liur berkurang. Mungkin masalah ini terlihat sepele, tapi tahukah Anda bahwa masalah mulut kering dapat menyebabkan menyebabkan gangguan yang serius?

Selain mulut yang terasa kering, gangguan mulut kering juga menimbulkan keluhan sakit tenggorokan, sulit menelan, dan sensasi terbakar di mulut. Karena itulah, mulut kering bisa memicu gangguan lainnya jika tidak segera diatasi. Berikut beberapa penyebab mulut kering:

1. Dehidrasi
Kekurangan air dalam tubuh adalah faktor utama mulut menjadi kering. Sedikitnya jumlah air dalam tubuh akan memengaruhi produksi air liur Anda.

2. Penuaan
Semakin bertambahnya usia Anda, maka kelenjar saliva juga akan mengalami penurunan fungsi. Sehingga akan sangat wajar jika semakin tua, maka jumlah air liur akan berkurang dan menyebabkan mulut kering.

3. Obat-obatan 
Ada lebih dari 600 obat yang memiliki efek samping mulut kering. Misalnya saja obat untuk gangguan pencernaan, obat penurun tekanan darah, dan obat untuk gangguan psikiatri. Tak ada salahnya Anda bertanya pada dokter sebelum mendapatkan obat saat berkunjung ke dokter. 

4. Gangguan pernapasan
Gangguan pernapasan seperti sinus atau gangguan pada hidung kerap membuat Anda harus bernapas melalui mulut. Hal inilah yang dapat menyebabkan masalah mulut kering.

5. Terapi kanker
Radiasi dan kemoterapi yang dilakukan oleh pasien kanker juga dapat membuat mulut menjadi kering.

Cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk menghindari mulut kering adalah dengan memenuhi kecukupan air harian tubuh. Selain itu, mengunyah permen karet bebas gula juga bisa Anda coba untuk meningkatkan produksi air liur. Jika masalah mulut kering Anda berasal dari obat-obatan, cobalah minta dokter untuk mengganti obat lain dengan efek samping yang minimal.


Article By Bebby Sekarsari