(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

“Herd Immunity” yang Kita Harapkan

Admin rsud | 03 Desember 2020 | 545 kali

“It is not the strongest of the species that survives, nor the most intelligent; it is the one most adaptable to change.” — Charles Darwin

Herd Immunity atau kekebalan kelompok/kekebalan kawanan adalah suatu bentuk perlindungan tidak langsung dari penyakit menular yang terjadi ketika sebagian besar populasi menjadi kebal terhadap infeksi, baik melalui infeksi sebelumnya atau vaksinasi, sehingga individu yang tidak kebal ikut terlindungi. Menarik sekali, untuk memberi kekebalan bersama, terhadap suatu infeksi tertentu, rupanya tak semua individu dalam kelompok mesti kebal/imun. Cukup sebagian besar saja.

Ini mirip seperti passing grade untuk suatu kelulusan pada sebuah ujian. Untuk lulus ujian, tak butuh jawaban semua benar, cukup 65% saja misalnya. Fenomena ini membeberkan fakta, betapa bangunan komunitas itu sangat penting untuk setiap orang. Proporsi yang telah kebal terhadap suatu infeksi, akan menjadi pagar berduri yang melindungi seluruh kelompok dari serangan tentara mikroba. Maka kelompok rentan seperti lansia, anak-anak atau mereka yang telah memiliki dasar penyakit fatal sebelumnya ikut terlindungi. Sebuah prinsip gotong royong.

Dulu sebelum ditemukan berbagai vaksin yang dapat digunakan untuk menciptakan kekebalan buatan, kekebalan kelompok sepenuhnya mengandalkan mekanisme alamiah. Sir Charles Darwin dengan sangat baik memotret peristiwa ini sebagai sebuah fenomena seleksi alam, survival of the fittest. Itulah yang terjadi saat pandemi pes (The Black Death) yang telah merengggutkan nyawa hingga 200 juta manusia kalah di abad ke-13. Juga cerita kelam wabah Flu Spanyol yang membantai tak kurang dari sepertiga populasi Eropa atau setara 50 juta jiwa.

Kisah mengerikan dalam sejarah umat manusia ini telah menjadi saksi bisu, akan kebenaran ucapan Darwin, bukanlah yang terkuat atau yang paling cerdas akan lestari, namun mereka yang paling baik beradaptasi. Tentu dengan mudah dapat kita bayangkan, saat kesadaran manusia masih rendah akan personal hygine dan sains teknologi medis yang masih sangat terbatas saat itu, maka strategi adaptasi apa yang layak diandalkan? Maka melawan wabah sepenuhnya mengandalkan otot yang nyaris saja membawa kepunahan umat manusia.

Jangankan berabad-abad yang telah lalu, bahkan saat inipun kemampuan manusia untuk beradaptasi patut disangsikan, saat pandemi Covid-19 masih berkecamuk di seluruh dunia dan terutama di negeri kita Indonesia. Jika hanya untuk mencari orang-orang cerdas, di negeri ini, mungkin bukan perkara yang sulit-sulit amat. Namun tidak untuk mendapatkan manusia yang mudah beradapatasi. Hari ini, betapa sulitnya orang-orang untuk menjalani sebuah tradisi adaptatif yang sering disebut sebagai new normal sebagai respon terhadap wabah yang terus meluas.

Masyarakat +62 masih terlelap pada buaian kebersamaan fisikal yang penuh kehangatan atau tradisi budaya dan agama yang menyatukan umatnya berdesakan. Hingga para dokter dan tenaga kesehatan lainnya hampir putus asa dan meneriakkan tagar IndonesiaTerserah. Ini harus kita pahami sebagai sebuah peringatan, betapa kebersamaan itu perlu dibangun di atas sebuah pondasi saling pengertian, bukannya dengan prinsip ini kebersamaan kami dan itulah kebersamaanmu. Pemerintah, tenaga kesehatan, pasien dan masyarakat yang seharusnya solid bersama-sama melawan wabah, justru terancam akan terbelah.

Meski vaksin virus Corona SARS-Cov-2 penyebab Covid-19 belum ditemukan, tentu kita pun tak berharap herd immunity terjadi secara alamiah. Kita tak pernah berharap horor The Black Death atau teror Flu Spanyol terulang lagi. Jika kegeraman tagar IndonesiaTerserah betul-betul menjadi kenyataan maka kita memang akan memilih untuk mewujudkan kekebalan kelompok dengan metode primitif. Mendukung infeksi secepatnya menggerogoti 60% penduduk Indonesia atau sejumlah 160 juta jiwa. Taruhlah jika risiko kematian sebesar 5% maka sebanyak kira-kira 8 juta jiwa akan berkalang tanah akibat Covid-19. Rumah sakit-rumah sakit akan dipenuhi 16 juta pasien dengan berbagai keparahan. Meski Indonesia kemudian diberikan sebuah herd immunity yang gilang-gemilang, sungguh kita tak pernah berharap tercipta dengan cara seperti ini. 

Sembari menunggu vaksin ditemukan oleh para ahli, yang sedang bergulat di ruang-ruang sunyi laboratorium yang dingin, melawan wabah ini kita masih diberikan cara-cara mudah dan sederhana. Sebuah sikap adaptatif, sebuah gaya hidup new normal. Karena virus dan segala jasad renik mungkin tak pernah musnah dari alam ini, sepertinya kita memang harus hidup berdampingan. Mereka boleh tetap ada, namun wabah harus berakhir.

Maka cara-cara mudah seperti pembatasan jarak fisik dan personal hygine (memakai masker dan cuci tangan) selalu relevan dan efektif. Begitu pula sikap-sikap empati dan solidaritas di masa-masa sulit ini dapat menghadirkan energi positif yang tak ternilai kekuatannya. Dalam sebuah survey yang disebut sebagai Indeks Pemberian Dunia 2019, indeks yang diukur dengan penilaian membantu orang lain, berdonasi materi dan menjadi sukarelawan, sungguh luar biasa, Indonesia berada pada urutan ke-10 dari 126 negara yang disurvey. Kekebalan, hanya mampu melindungi fisik manusia belaka, ia butuh kebaikan yang dapat menjaga hati setiap manusia, karena keduanya pun akan selalu berdampingan.

by dr. Putu Arya Nugraha Sp.PD