(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Cara Mengatasi Perut Gatal Saat Hamil

Admin rsud | 26 Oktober 2018 | 1744 kali

Perut gatal saat hamil kerap kali dirasakan oleh ibu hamil saat memasuki trimester ketiga. Gatal di perut saat hamil ini disebabkan oleh perubahan hormon dan pereganggan kulit karena perut yang kian membesar.

Rasa gatal ini tidak berbahaya tapi tentu saja dapat mengganggu kenyamanan ibu hamil. Bila rasa gatal tak kunjung reda sering kali ibu hamil mengatasinya dengan garukan. Padahal, garukan bisa mengakibatkan munculnya iritasi, hingga bekas luka yang bisa merusak penampilan.

Gatal selama kehamilan dapat disebabkan tiga hal, yakni stretch mark pada kulit perut, kulit kering, dan gejala PUPP (Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy). PUPP terjadi akibat peningkatan hormon estrogen dan gonadotropin.

Sementara itu, gatal yang diderita ibu hamil berbeda-beda tingkatannya. Ada yang muncul dengan gejala yang ringan hingga yang menimbulkan ruam pada tubuh. Bahkan ada yang menimbulkan bengkak dan bercak kemerahan. Kondisi seperti ini biasa dialami oleh wanita pada kehamilan pertama atau wanita yang mengandung anak kembar.

Gatal di perut saat hamil juga bisa menyebar ke paha dan lengan. Pada kasus gatal yang biasa, ibu hamil akan diberikan salep tropis atau antihistamin.

Selain itu, perut gatal saat hamil adalah sesuatu yang normal dan bisa hilang setelah melahirkan. Rasa gatal ini biasanya akan muncul bila ibu hamil berada di tempat yang panas.

Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan untuk menggunakan pakaian longgar dan berbahan katun. Selain memperhatikan pakaian yang dikenakan, ibu hamil juga perlu mengetahui cara menghilangkan gatal di perut saat hamil, di antaranya:

  1. Menggunakan lotion pelembap

Menjaga kelembapan kulit selama hamil dapat menghindarkan Anda dari rasa gatal. Lotion pelembap juga bisa membantu mengurangi bekas garukan. Oleskan lotion ke daerah yang rawan mengalami gatal, seperti pada perut dan sekitar dada.

  1. Konsumsi lebih banyak sayur, buah, dan air putih

Sayur, buah, dan air putih secara alami mampu menjaga kelembapan kulit. Selain mencegah gatal, bahan-bahan tersebut juga baik untuk perkembangan janin dalam kandungan.

  1. Pakai baju yang menyerap keringat

Saat hamil, tubuh seorang wanita akan sering merasa panas dan berkeringat. Pada masa ini produksi keringat akan meningkat. Hal itulah yang dapat memicu munculnya gatal. Gunakanlah baju hamil yang berbahan katun untuk mengurangi gatal di perut saat hamil.

  1. Mandi dengan air dingin

Cara mengatasi perut gatal saat hamil yang paling mudah adalah dengan mandi. Meski mandi adalah aktivitas yang umum dilakukan setiap orang, namun untuk mencegah perut gatal saat hamil sebaiknya Anda menghindari mandi dengan air hangat.

  1. Menggunakan sabun pH rendah

Anda bisa menggunakan sabun dengan kadar pH rendah seperti sabun bayi. Selain itu, pakai sabun yang ringan dan tanpa pengharum untuk menghindari iritasi. Ibu hamil juga harus memperhatikan penggunaan parfum yang berbau tajam, karena umumnya lebih berisiko mengiritasi kulit.

Perlu diketahui, pH pada kulit terbentuk dari asam lemak dan asam amino juga sekresi minyak di kulit. Sekresi minyak ini disebut sebagai acid mantle. Acid mantle sendiri adalah semacam lapisan asam tipis yang jadi pelindung kulit dari serangan luar tubuh.

Pada dasarnya, perut gatal saat hamil tidak membahayakan janin dan akan hilang dalam waktu beberapa hari setelah melahirkan. Segera konsultasi ke dokter jika rasa gatal yang Anda rasakan semakin parah.

DokterSehat.com