(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

Anak-anak Terlalu Banyak Di Depan Layar Dapat Menumpuk Penyakit

Admin rsud | 14 Desember 2018 | 758 kali

Anak-anak menghabiskan lebih banyak waktu daripada sebelumnya di depan layar, membuatnya lebih mungkin mereka akan menjadi kelebihan berat badan atau obesitas.

Rata-rata usia 8 hingga 18 tahun menghabiskan lebih dari tujuh jam sehari terpaku pada layar, apakah itu komputer, smartphone, tablet, video game atau TV, bukti terbaru menunjukkan.

Remaja yang melebihi dua jam setiap harinya di depan layar hampir dua kali lebih mungkin mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, peninjauan itu menunjukkan. Berat berlebih meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes dan masalah lainnya berkurangnya jarak penglihatan sampai Retinopati Diabetik (RD).

Total penggunaan media meningkat sekitar 20 persen dari 1999 hingga 2018, dan didorong terutama oleh peningkatan penggunaan computer dan smartphone. Semakin banyak waktu yang anak anda habiskan di perangkat berbasis layar ini, semakin besar kemungkinan kelebihan berat badan atau obesitas.

Menonton televisi tradisional telah menurun selama 10 tahun terakhir, sementara waktu yang dihabiskan dengan perangkat berbasis layar lainnya seperti gadget dan computer telah melonjak dua kali lipat.

Meskipun anak-anak tampaknya menghabiskan lebih sedikit waktu untuk menonton televisi, mereka masih melihat konten TV. Mereka hanya melakukannya di perangkat gadget mereka Itu berarti mereka masih kurang gerak.

Anak-anak terpapar ke layar pada usia yang sangat muda, dengan rata-rata waktu papar berkisar antara setengah jam hingga lebih dari tiga jam perharinya.

Hal Ini sangat mengejutkan seakan-akan layar dan gadget itu menjadi pengasuh anak mereka karena terlalu banyak waktu yang dihabiskan di layar dan gadget.

Jika mereka bermain game, mengirim pesan kepada teman-teman mereka ataupun saat mereka menggunakan social media seperti Instagram, Facebook, Snapchat atau media social apa pun, mereka biasanya duduk dan membatasi ruang gerak.

Namun membatasi waktu layar dan gadget akan sulit bagi sebagian besar orang tua. Karena memang perkembangan tekhnologi menuntut penggunaan layar dan gadget menjadi kebutuhan. Jadi daripada membatasi waktu anak-anak lebih baik fokus pada hal-hal lain yang dapat dilakukan oleh anak-anak.

Mendapatkan waktu tatap muka, mendapatkan waktu di luar, memastikan ada pengerjaan yang bebas dari perangkat layar – saya pikir itu akan mengurangi dan mengontrol waktu layar.

Orang tua juga dapat membantu dengan menetapkan contoh yang baik dan membatasi penggunaan perangkat layar mereka sendiri.

Penting bagi orang tua untuk menjadi teladan perilaku sehat bagi anak-anak mereka Jika orangtua mereka pergi berjalan-jalan setiap sore, ataupun bersosialisasi dalam masyarakat anak-anak belajar bahwa itu adalah sesuatu yang Anda lakukan sebagai keluarga dan bermasyarakat, Jika orang tua menonton TV dan memainkan smartphone mereka sepanjang waktu, anak-anak cenderung menonton TV juga dan bermain dalam dunia layar mereka.

Asosiasi jantung & mata merekomendasikan melarang perangkat layar dari meja makan dan dari kamar tidur. Ide-ide lain yang mungkin termasuk:

  • Menyisihkan waktu untuk aktivitas fisik sebagai keluarga, sebaiknya setiap hari.
  • Rencanakan Penggunaan gadget dengan rentang waktu yang terbatas.
  • Menghindari penggunaan perangkat layar sebagai hadiah ataupun hukuman untuk perilaku baik atau buruk.

Pentingnya membantu anak-anak anda memonitor tumbuh kembang mereka melalui applikasi +hubsehat di saat usia produktif mengurangi kecemasan tentang berat badan dan tingkat pertumbuhan anak-anak anda hal ini bisa mengurangi resiko terhadap penyakit kronis seperti jantung,diabetes bahkan gangguan penglihatan ketika seorang anak tumbuh menjadi remaja dan dewasa.

 

by | Aug 14, 2018 | Child Care, General