(0362) 22046
rsud@bulelengkab.go.id
Rumah Sakit Umum Daerah

4 Cara Mengatasi Asam Lambung

Admin rsud | 14 Oktober 2017 | 1901 kali

Salah satu masalah pencernaan adalah naiknya jumlah asam lambung. Pasti pernah mengalami perut mual-mual ataupun sakit maag yang mengganggu dalam melakukan aktivitas. Yuk atasi masalah lambung dengan cepat dan mudah.

Apa itu asam lambung?

Lambung merupakan organ tubuh tempat berkumpulnya atau sebagai wadah pertama makanan dan minuman setelah dikunyah, sebelum diproses ke usus halus. Selain menghaluskan makanan dan melanjutkannya ke usus halus, lambung juga menghasilkan asam yang mengandung klorida dan pepsin, dibutuhkan dalam sistem pencernaan, menangkal kuman atau bakteri dari makanan dan minuman, dan membantu penyerapan vitamin B12 oleh tubuh. Namun produksi asam lambung yang berlebihan menyebabkan lapisan mukosa iritasui sehingga lambung menjadi luka.

Asam lambung bisa diatasi dengan obat-obat yang dijual tanpa harus dengan resep dokter. Namun tak perlu dengan obat-obatan karena cara mengatasi asam lambung bisa dilakukan secara alami. Berikut beberapa cara mengatasi asam lambung naik dengan cara alami dan jitu.

  1. Mengunyah permen karet

Cara mengatasi asam lambung yang pertama adalah dengan mengunyah permen selama 30 menit. Dengan mengunyah permen karet memberikan rangsangan laju air liur sehingga asam yang terkumpul di perut menjadi tercuci dan bersih lebih cepat. Berbagai riset dan jurnal penelitian sudah bayak yang menjelaskan hal tersebut.

  1. Minum teh hangat

Hampir semua orang indonesia menyukai teh. Dan bagusnya berbagai jenis teh baik th melati, teh hijau, atau teh hitam dapat memperbaiki kondisi asam lambung yang sedang naik. Kandungan senyawa antioksidan pada daun teh membantu mengurangi produksi asam lambung. Minum teh dalam kondisi hangat, jangan saat panas karena justru bisa meningkatkan produksi asam lambung.

  1. Baking soda

Kenapa baking soda bisa mengatasi asam lambung naik? Baking soda memiliki sifat basa yang mana dapat membantu menetralisir asam lambung dan mengurangi rasa nyeri pada dada. Resep yang direkomendasikan adalah 1/2 hingg 1 sendok teh baking soda dicampur dengan segelas air. Hanya gunakan ramuan baking soda saat membutuhkannya saja karena mengandung sodium bikarbonat yang bisa menyebabkan rasa ingin muntah.

  1. Lidah buaya

Manfaat daun lidah buaya memang sangat luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan, termasuk dalam mengobati kondisi asam lambung yang sedang naik. Sifat anti-inflamasi yang dimiliki aloe vera atau lidah buaya membantu meredakan peradangan pada tenggorokan dan pada lambung. Dengan mengkonsumsi setengah gelas lidah buaya sebelum makan, refluks asam lambung naik bisa berangsur pulih.