LayananPengaduan

  • Admin Rsud
  • 19 September 2018
  • Dibaca: 590 Pengunjung

 

Media yang dapat dimanfaatkan pelanggan dalam menyampaikan keluhan/ komplain melalui beberapa saluran:

  1. Keluhan langsung melalui tatap muka dengan unit pelayanan dimana pasien mendapat pelayanan, pada petugas admisi atau pada Sub Bagian SIMRS, Pemasaran dan Humas. Terhadap keluhan langsung tersebut, sebagai tanda bukti, dilakukan pencatatan pada formulir komplain;
  2. Kotak Pengaduan. Masyarakat pengguna layanan RSUD Kabupaten Buleleng dapat menyampaikan keluhan melalui kotak pengaduan yang telah disediakan hampir disetiap unit pelayanan. Dalam setiap periode waktu, petugas SIMRS, Pemasaran dan Humas akan mengecek dan mengambil komplain yang ada dan dilakukan langkah tindak lanjut sesuai prosedur yang berlaku;
  3. Angket Kuesioner. Selain sebagai alat untuk mengukur prosentase kepuasan pelanggan (IKM), dalam angket kuesioner yang disebarkan juga terdapat kolom pernyataan terbuka yang dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan keluhan/ komplain.
  4. Keluhan pelanggan juga dapat disampaikan melalui SMS ke nomor telepon seluler khusus yang dikelola langsung oleh Kasubag SIMRS, Pemasaran dan Humas. Terhadap keluhan melalui media SMS, penanganan keluhan dapat dilakukan melalui jawaban SMS ataupun tatap muka;
  5. Website dan media sosial. Dalam website yang dimiliki RSUD Kabupaten Buleleng telah dilengkapi dengan modul kritik dan saran. Masyarakat dapat menyampaikan keluhan melalui media tersebut. Sedangkan media sosial resmi yang dimiliki RSUD Kab. Buleleng dikelola oleh Sub Bagian SIMRS, Pemasaran dan Humas dengan alamat akun https://www.facebook.com/RSUDBuleleng.bulelengkab;
  6. Portal LAPOR (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat). Portal LAPOR merupakan poertal nasional yang dibangun untuk menangkap keluhan masyarakat termasuk kepada RSUD Kabupaten Buleleng.

 

Waktu Penyelesaian Keluhan Pelanggan

Keluhan yang diterima harus ditanggapi dalam kurun waktu 5 (lima) hari kerja sejak pengaduan diterima. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 13 tahun 2017 Penanganan Pengaduan Masyarakat Terpadu di Lingkungan Kementerian Kesehatan pada pasal 3 ayat 4 menyatakan bahwa Pengaduan masyarakat di lingkungan Kementerian Kesehatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus ditanggapi oleh Tim dalam waktu paling lambat 5 (lima) hari kerja sejak pengaduan diterima. Klasifikasi waktu penanganan keluhan adalah sebagai berikut:

  1. Komplain dengan kategori merah ditanggapi dan ditindaklanjuti maksimal 1 x 24 jam;
  2. Komplain kategori kuning ditanggapi dan ditindaklanjuti maksimal 3 hari;
  3. Komplain kategori hijau ditanggapi dan ditindaklanjuti maksimal 5 hari;

Download file disini

Share Post :