USG 4 Dimensi

  • Admin Bulelengkab
  • 01 Mei 2014
  • Dibaca: 1493 Pengunjung

USG 4 Dimensi

USG 4 Dimensi diciptakan karena teknologi USG 3D belum mampu merekam gerak janin. Sedangkan dengan teknologi 4D dapat menampilkan gerak janin secara real time. Pada dasarnya nama USG 4D tidak ada karena sebenarnya dimensi itu hanya ada tiga. 4D digunakan oleh produsen dan pemasar agar lebih menarik perhatian konsumen. Dan sampai sekarang nama USG 4D menjadi umum digunakan.

Kelebihan dan Kekurangan USG 4D

Kemampuan USG 4D hampir sama dengan teknolosi USG 3D, yang mampu mendeteksi apabila ada kelainan pada janin lebih akurat. Namun Teknologi USG 4D juga mampu merekam gerakan-gerakan janin, seperti menendang, memukul bahkan menghisap ibu jari. Gerakan-gerakan yang direkam tersebut juga dapat disimpan didalam database komputer, dan selanjutnya disimpan di dalam fleshdisk atau CD dan dilihat ulang dengan TV atau komputer.

Kekurangan USG 4D adalah masih sangat bergantung pada posisi janin dan biayanya yang sangat mahal. Sehingga pemeriksaan USG 4D, sebaiknya dilakukan karena alasan medis. Pemeriksaan sebaiknya juga dilakukan kepada dokter yang sudah mempunyai Sertifikasi. Hal ini dikarenakan teknik-teknik melakukan dan membaca USG 4D harus dilakukan dengan baik dan benar, untuk mendukung hasil yang lebih akurat.

Ringkasan:

  • Teknologi USG 4D mampu merekam gerakan yang dilakukan janin didalam kandungan,
  • Biaya USG 4 Dimensi lebih mahal namun mampu mendeteksi kelainan lebih akurat dan efektif.
Share Post :