Tanda-Tanda Anda Mulai Tak Sehat, Coba Diperiksa

  • Admin Rsud
  • 09 Mei 2019
  • Dibaca: 95 Pengunjung

WAJAH merupakan salah satu bagian tubuh yang paling penting dan kerap mendapatkan perawatan khusus. Wajah akan membuat seorang wanita menjadi cantik, sementara pria akan terlihat menjadi lebih tampan dan menarik.

Namun, tahukah Anda bahwa wajah juga memberikan tanda-tanda bahwa seseorang dalam kondisi yang kurang sehat? Mungkin beberapa orang tidak menyadari hal ini, namun sebenarnya fenomena ini merupakan salah satu tanda agar manusia lebih memperhatikan kesehatan fisiknya.

1. Kulit atau bibir kering

Jika bibir Anda terus-menerus terkelupas - hal ini mungkin menunjukkan kondisi kesehatan yang Anda alami. Kulit dan bibir kering mungkin menunjuk ke arah dehidrasi, namun di saat yang sama, Anda memiliki kemungkinan untuk mengalami hipotiroidisme dan bahkan diabetes.

 2. Rambut yang tidak diinginkan

Jika Anda memperhatikan bahwa ada kelebihan bulu pada wajah di dagu, bibir atas dan bahkan garis rahang, itu mungkin menandakan ketidakseimbangan hormon. Sindrom ovarium polikistik adalah gangguan hormonal yang mempengaruhi wanita.

 3. Kantung mata

Kantung mata bukan hanya masalah kecantikan tetapi juga bisa menandakan bahwa ada yang salah dengan kesehatan Anda. Ya, jika mata Anda terlihat lelah dan bengkak, Anda mungkin memiliki alergi kronis.

4. Kulit pucat

Perhatikan jika ada perubahan dalam warna kulit Anda atau jika telah berubah pucat. Kemilau kuning pada kulit Anda bisa menjadi tanda anemia.

 5. Ruam

Ruam pada wajah bisa menunjukkan sejumlah gangguan termasuk masalah pencernaan. Misalnya, penyakit radang usus (IBD) yang mempengaruhi usus besar, juga bisa menyebabkan kulit Anda menjadi panas.

6. Muncul Tahi lalat

Meskipun tahi lalat biasanya bukan penyebab kekhawatiran, namun munculnya tahi lalat baru harus diperiksa oleh dokter untuk memeriksa kelainan apa pun. Juga, cari perubahan pada tahi lalat yang ada, termasuk warna, perdarahan atau bahkan gatal.

 7. Kerontokan rambut

Kerontokan rambut selalu menjadi perhatian. Terlepas dari stres yang ekstrim, gangguan autoimun mungkin bertanggung jawab untuk ini. Alopecia areata adalah penyakit di mana folikel rambut rusak oleh sistem kekebalan tubuh.

 8. Wajah terlihat berbeda

Asimetri wajah bisa menjadi pertanda dini sebagai indikator penyakit stroke. Jika Anda melihat ke cermin dan wajah Anda terasa berbeda atau satu sisi terasa mati rasa, jangan mengabaikan tanda-tanda ini dan segera periksa diri.

 

 

by : lifestyle.okezone.com

Share Post :